Kamis, 20 Mei 2010

Manis-Manis Gurih si Janggut Naga

Dilihat sepintas, memang mirip sekali dengan kepompong. Bentuknya lembaran tipis mirip rambut yang berwarna putih. Rasanya manis-manis gurih dengan kejutan di dalamnya. Penasaran?

Jangan takut saat melihat camilan ini, Anda tidak akan menemukan kupu-kupu di dalamnya. Tak sedikit orang yang menduga kalau camilan asal negeri tirai bambu ini adalah kepompong ulat sutra. Hal ini dikarenakan bentuknya yang mirip sekali dengan kepompong yang tengah bermetamorfosa.

Nama camilan ini adalah Dragon Beard Candy alias Janggut Naga. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah gula, malt dan air yang dimasak bersama sampai mengental. Adonan yang sudah mengental kemudian diuleni di atas tepung ketan. Cara membuatnya mirip-mirip dengan cara membuat mi.

Di gulung, ditarik, dan di ulur sehingga menjadi lembaran-lembaran halus mirip sekali dengan rambut. Warna nya putih karena tepung ketan yang menempel membuatnya seperti rambut yang memutih. Lembaran-lemabaran halus ini di potong kemudian diisi dengan kacang tanah sangrai. Cara membalutnya persis seperti membalut pisang molen. Rasanya manis-manis si janggut dengan rasa kres..kres.. gurih kacang tanah.

Konon katanya, lembaran halus berwarna putih ini mirip sekali dengan janggut naga. Tak heran jika dinamakan demikian. Camilan ini ternyata sudah berusia lebih dari 1000 tahun loh! Sayangnya di Jakarta kita belum bisa menikmatinya. Kalau Anda tengah berada di Singapura, mampir saja ke kawasan Pecinan karena di sana ada penjual janggut naga yang legendaris ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar